Minggu, 14 Agustus 2016

Test Formatif KB

                            
Tes Formatif
1. Apakah yang dimaksud dengan komunikasi daring asinkron?
2. Apakah yang dimaksud dengan CC, BCC, Subject, dan Spam.
3. Tuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman e-mail.
4. Bandingkan tujuan penggunaan, serta kelebihan dan kekurangan e-mail dan forum.


jawaban
1. Komunikasi daring asinkron (tak serempak) Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda
2. -CC ( Carbon Copy ) : daftar Penerima pesan yang dapat dilihat oleh penerima lain. Sehingga penerima satu dapat melihat siapa saja yang mendapat kiriman email yang sama.
-BCC ( Blind Carbon Copy ) : Penerima pesan tidak akan tahu siapa saja orang yang mendapat kiriman email sama
-Subject : sebuah judul/tema pada sebuah email yang akan dikirim

-Spam : folder/pesan yang tidak penting

3. Ø Gunakanlah bahasa yang sopan serta sesuai. Seperti halnya saat Anda akan mengirimkan surat ke penerima pesan Anda.

Ø Tidak menggunakan huruf besar dalam pengiriman pesan. Dalam dunia elektronik, penulisan kalimat dengan huruf kapital berarti sama dengan berteriak.

Ø Tidak menggunakan font yang beragam. Gunakanlah font standart, dengan ukuran yang standart. Kecuali benar-benar diperlukan.

Ø Spesifik dalam penulisan subyek. Gunakanlah subyek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima email Anda.

Ø Memperhatikan CC dan BCC email Anda. Sangatlah tidak dianjurkan untuk men-cc orang yang tidak ada hubungannya dalam konteks email.

Ø Segera menanggapi pesan yang diterima. Balaslah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.

Ø Tidak memforward pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang Anda kirimkan.


4. Tujuan penggunaan :
- e mail : sebagai alat komunikasi juga jalur maya distribusi ( penyampaian ) pesan kepada alamat yang dituju ( baik pribadi maupun korporasi ).feedbacknya pun dengan alamat tujuan antara pengirim dan penerima surat elektronik tersebut.

- forum : sebagai alat komunikasi dengan berbagai materi yang ada didalamnya yang tujuannya untuk penyampaian pesan, yang ditujukan kepada pengguna / pendaftar pada forum tersebut, bisa juga kepada khalayak ramai, dan diharapkan ada feedback ( timbal balik ), baik dalam pesan, maupun ketertarikan akan penggunaan suatu barang / jasa.

kelebihan :
- email dan forum bisa disebut sebagai jalur maya distribusi ( jika dilihat dari sudut pandang ekonomi ).
- mempermudah kita dalam menginginkan, mengirim / menyebarkan dan memperoleh informasi beserta feedbacknya.
- alat / media pemasaran produk yang dijual.
- alat/ media untuk mencari uang.

kerugian :
- banyak hoax ( berita palsu) jadi harus pandai memilih mana forum dengan tujuan baik dan yang tidak.
- banyak akun palsu beserta kontennya, jadi harus bisa membedakan dengan jeli.
- tidak semua bisa mengoperasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar